Menggapai Air Terjun Lubuk Bigau a.k.a Air Terjun Pangkalan Kapas (Artepak) Part 1

Sudah berapa lama tidak touring ?
Terakhir kapan ?
Ayo mulai lagi petualanganmu !
Itu pertanyaan dan seruan yang selalu terbesit di hati ketika sang shogun 125 (motor saya sendiri) yang sudah lama tidak pernah diajak lagi berpetualang ke berbagai daerah luar biasa oleh sang pemilik (saya:mrgreen: ).

Jelajah

Awal Terbentuknya Keinginan..
Diakhiri dengan touring terakhir bersama sang cibi a.k.a new cbr 150 dan sobat-sobat sekitar dua-tiga tahun yang lalu, saya tidak pernah lagi memanjakan diri dengan berpetualang ke berbagai daerah baik itu di dalam ataupun di luar provinsi riau. Menggenaskan ? iya !

Sebenarnya sudah lama terbesit untuk memulai lagi kegiatan touring .. memanjakan diri .. tapi yang namanya kesibukan datang silih berganti, dimulai dari kesibukan mengikuti perkuliahan, memulai tugas akhir, membuat tugas akhir, menyelesaikan tugas akhir, meraih gelar sarjana (so proud for this one😀 , thanks my parents, my sister, I love u ! ), dilanjutkan dengan tahap menganggur sembari menebar lamaran kerja, mendapatkan panggilan beberapa kali, mendapatkan pekerjaan, menjalani pekerjaan sampai sekarang. Touring pun kunjung pernah tidak terlaksana.

Awal Terbentuknya Rencana..
Di sela kesibukan kerja, saya mulai mencari informasi tentang objek yang bisa dijadikan tujuan touring yang sudah lama terbendung ini, mulai dari pencarian di internet sampai curi-curi info dari teman-teman. Dan memang dari temanlah informasi didapatkan, yeah !.

Air Terjun Lubuk Bigau - Google

AIR TERJUN LUBUK BIGAU menjadi target !
Air terjun lubuk bigau atau disebut juga dengan Air Terjun Pangkalan Kapas di Desa Lubuk Bigau yang terletak di dekat perbatasan Provinsi Riau dan Sumbar menjadi target kami, “sudah dibidik dengan sungguh-sungguh !” tak terelakkan lagi target kali ini gumam saya sendiri di dalam hati.
Diskusipun dimulai dengan teman yang merupakan sumber info dan usulan itu sendiri “Puja Kesuma” atau “Pak Lek” panggilan akrab dari kelompoknya sendiri:mrgreen: , mulai dari pencarian info rute menuju lokasi, siapa yang bisa dijadikan pemandu, persiapan dan perekrutan anggota.
Saat itu rupanya ada teman dari bro Puja yang baru saja akan menuju lokasi tersebut, “terlihat dari update-an statusnya di facebook” kata bro Puja, “yaudah, gali informasinya” seru saya😀 . Tidak tahu bagaimana kisah lengkapnya info pun didapatkan oleh bro Puja.
Info yang didapat rupanya mengenai kekejaman track yang akan dilalui dengan sepeda motor menjelang sampai di desa terdekat dengan air terjun. Sekitar 65% jalan menuju desa terdekat merupakan jalanan tanah, tanah apa ? tanah liat pastinya.
Selain info track menuju desa terdekat, kami juga mendapatkan trik melewati jalan tersebut biar aman sedikit:mrgreen: . Spakbor sepeda motor harus dicopot demi keamanan supaya spakbor nanti tidak pecah dikarenakan tanah yang ikut menempel dilingkaran roda depan. Wah, “menantang sekali, pasti seru !” gumam saya di dalam hati:mrgreen: .

Perekrutan Anggota Dimulai..
Dari sini pengumpulan anggota dimulai. Dikarenakan saya dan bro Puja yang memiliki rencana awal, maka kami berduapun membagi perekrutan menjadi dua wilayah.. wilayah Panam dan wilayah Marpoyan.. alias teman-teman dari bro Puja yang berada di Panam dan teman-teman saya yang berada di Marpoyan😀 . Setelah dirembukkan bersama maka keberangkatan ditetapkan pada hari Sabtu 21 maret 2015.
Calon anggotapun mulai terkumpul, ada banyak .. tapi karena baru bersifat calon anggota, maka ada juga yang gugur menjelang keberangkatan, bahkan H min 1 keberangkatan, super sekali .. !:mrgreen: .
Akhirnya anggota yang terkumpul sebanyak 14 orang, ini dia😀 !
– Zul.
– Puja – Pak Lek.
– Aceng.
– Rizal – Abeng.
– Rizaldi.
– Matin.
– Mery.
– Tety.
– Ratna – Enong.
– Fitri.
– Silvi.
– Dewi.
– Dina.
– Juli.
Ada beberapa anggota dengan panggilan khusus  :-D .

Keberangkatan..
Hari sabtu 21 maret 2015 pun telah menghampiri. Awal dari rencana jam 5.30 subuh, mundur dan mundur terus dan akhirnya jam 8 lewat baru berangkat, haha keren !
Perjanjian awal tempat berkumpul tidak berjalan dengan baik, rencana awal adalah berkumpul di depan gerbang Universitas Islam Riau. Anggota yang datang pertama adalah saya sendiri pada jam 7, begitu sampai seterusnya hingga setengah jam ke depan. Disusul dengan dua cewek berkendara mio dengan dandanan seperti mau berkunjung ke mall😀 , dua orang ini adalah Enong dan Fitri.
Beberapa menit kemdian disusul oleh dua orang cowok lagi yaitu Matin dan Rizaldi, oke sudah terkumpul 5 orang termasuk saya, tinggal satu orang lagi .. Tety ! telat betul ..:mrgreen: . Penantian dilanjutkan, beberapa menit kemudian Tety pun datang diantar oleh kakak kesayangannya .. Kak Eka a.k.a Kak Ziska. Mau marah, tapi yaudahlah, nyesek !
Perjalananpun dimulai, tujuan pertama adalah Lipat Kain, sebagian rombongan dari Panam sudah duluan menunggu di sana. Sebenarnya rombongan yang sudah tiba di lipat kain ini adalah rombongan pertama yang tiba di gerbang UIR sebelum saya:mrgreen: , karena saya juga telat merekapun berangkat duluan ke lipat kain.

Sampai di Lipat Kain..

Rute dari gerbang UIR ke Lipat Kain yang kami tempuh adalah 1 jam lebih.. mungkin sampai 2 jam.. setelah sampai di lipat kain kami segera menuju rumah Mery.. yap ! Mery adalah orang asli lipat kain, jadi kami singgah di sana untuk persiapan menuju track yang sebenarnya menuju desa terdekat. Di sana sudah menunggu bro Puja sembari membongkar sendiri spakbor motornya sendiri.

Setelah sampai di rumah mery, kami istirahat sebentar dan setelah itu.. pembongkaran motorpun dimulai, yeah !

Jpeg

Yang dibongkar adalah spakbor depan dan sayap kiri-kanan untuk bebek, sementara khusus mio selain spakbor dan sayap kiri kanan.. juga dilepas bagian cover bawah, supaya jarak terendah ke tanah bertambah tinggi dan mengurangi resiko kandas ketika akan melewati track yang parah nantinya.

Selagi kami membongkar sepeda motor, rombongan berikutnya pun datang .. Aceng, Silvi, Juli, Dina, Dewi dan Abeng.

Oke, ke-14 anggota sudah berkumpul. Mari diabsen dulu sepeda motor apa saja yang akan berangkat.. oke mulai !

Shogun 125.
New Jupiter Z.
Shogun 110 a.k.a Shogun badak.
New Supra X 125.
Mio.
Jupiter Z a.k.a Jupiter Burhan.
Revo 110.

Sayangnya tidak ada yang membawa motor sekelas trail:mrgreen: . Tapi tunggu sebentar.. ingat lagi ada yang bawa mio rupanya, keren sekaligus miris. Gak terbayang apa yang akan terjadi nanti, mudah-mudahan aman selama perjalanan.

Seminggu Sebelum Keberangkatan..

Satu minggu sebelum keberangkatan, saya pun tidak ingin ada masalah dengan shogun di saat perjalanan nanti. Persiapan penuh sesuai dengan isi di kantong:mrgreen: .

Hal pertama yang saya perhatikan adalah ban, setelah dilakukan pengecekan.. rupanya kondisi ban sudah tipis.. baik untuk ban depan ataupun ban belakang. Cek kantong, oke cukup.. ban pun diganti keduanya sekaligus. Untuk ban belakang saya sengaja pilih yang model jagung seperti ini ..:mrgreen:

Ban Baru

Hal kedua yang saya perhatikan adalah oli, udah lebih dari sebulan belum diganti, oke oli diganti. Berbahaya kalau tidak diganti, bayangan di kepala kondisi track akan sangat-sangat berat.

Hal ketiga yang saya perhatikan adalah rantai dan gitar (gigi tarik), setelah diperhatikan ternyata gitar sudah runcing ! wah, duit lagi:mrgreen: . Oke, karena isi kantong masih memadai untuk belanja lagi saya pun mengganti gitar satu set dengan merk ind*part.

Oke, itulah semua yang diperhatikan jauh hari sebelum berangkat😀 .

Untuk hari ini cukup sekian dulu, nantikan artikel selanjutnya:mrgreen: .

Thanks for Reading😀

Categories: Full Indonesia, Jelajah Nusantara, Provinsi Riau, Sepeda Motor, Unik | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Menggapai Air Terjun Lubuk Bigau a.k.a Air Terjun Pangkalan Kapas (Artepak) Part 1

  1. Oooo.. Ini..artikel nrabas2 itu….

  2. Ping-balik: Menggapai Air Terjun Lubuk Bigau a.k.a Air Terjun Pangkalan Kapas (Artepak) Part 2 | Azul's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: