Tombol FN untuk Brightness yang tidak berfungsi pada Toshiba Satellite L630

Tombol FN pada laptop mempunyai berbagai fungsi diantaranya :

Display menu FN

– Mengatur Kecerahan (Brightness) layar.
– Mengatur On/Off speaker.
– Mengatur On/Off touchpad.
– Mengatur On/Off Wifi dan Bluetooth.

fn_key

Dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Akan tetapi ada saatnya salah satu kombinasi tombol FN tersebut tidak dapat berfungsi seperti biasanya. Seperti yang saya alami yaitu tidak berfungsinya Pengatur kecerahan (Brightness) layar, sehingga layarnya terang terus dan membuat mata agak perih.

Setelah cari-cari info via google yang tidak kunjung mendapatkan hasil sayapun memutuskan untuk meneliti sendiri kecocokan Driver yang digunakan dengan kondisi nyata laptop yang saya miliki.

Setelah diteliti ternyata memang tidak terdapat kecocokan antara Driver Display dengan vga laptop yang saya miliki, Driver yang sudah saya instal yaitu untuk laptop dengan vga AMD, sedangkan vga laptop saya masih standar . . cara mengeceknya sederhana saja, cukup melihat label yang melekat pada bagian sekitar keyboard laptop . . dan setelah dicek ternyata memang tidak terdapat label AMD sebagai vga yang digunakan oleh laptop saya.

Driver Display untuk AMD saya dapat dari CD Driver bawaan laptop, yang mengherankan untuk Driver VGAnya saja yang tidak cocok . . selebihnya cocok semua.

Cd Driver Toshiba Satellite L 630/635 series

Driver Toshiba Satellite L630/635 Series

Saya pun mengunjungi website Toshiba Asia di sini . .

Setelah searching Driver Display untuk Toshiba Satellite L630, sayapun menemukan dua jenis lagi Driver untuk Toshiba Satellite L630 versi 32 bit pada website tersebut, yaitu
– Intel Display Driver 32 bit
– Nvidia Display Driver 32 bit

Oh, menurut saya mungkin untuk Laptop dengan seri ini banyak versinya lagi . . salah satu yang membedakannya adalah VGA (cmiiw).

Sayapun memutuskan untuk mendownload ‘Intel Display Driver 32 bit’ , dan saya coba menginstalnya di laptop terus restart dan hasilnya . . pengatur kecerahan pada layarnya sudah bisa berfungsi seperti biasa.

Untuk info, seluruh Driver laptop di situs Toshiba Asia tersebut adalah free untuk download.

Kesimpulannya :

– Sebelum menginstal Driver pada suatu Laptop/PC, silahkan cek dulu kecocokan antara Hardware dan Driver yang akan digunakan.
– Selain laptop Toshiba Satellite L630, cara ini juga bisa berlaku pada laptop Toshiba seri lainnya, dan laptop dengan merk selain Toshiba.

Demikian postingan untuk kali ini.

Semoga bermanfaat🙂

(Azul)

Categories: Komputer | 12 Komentar

Navigasi pos

12 thoughts on “Tombol FN untuk Brightness yang tidak berfungsi pada Toshiba Satellite L630

  1. punya saya ,asus ..amd.. tombol fn juga ga berfungsi.bingung juga saya

  2. Raden Mas Ageng Ferry

    thanks ya, infonya bener2 membantu

  3. tolong dong gan link nya download intel display driver 32 bit punya ente gan

  4. @ANDRE_MAULANA

    intel display toshiba satellite L630/L635 untuk windows 7 :

    untuk yang 32 bit
    http://pc.toshiba-asia.com/sg/support/drivers/details/39341

    untuk yang 64 bit
    http://pc.toshiba-asia.com/sg/support/drivers/details/39345

  5. eki wijayanto

    terima kasih atas infonya …

  6. doel paytren

    untuk windows 8 yg 64 bit nd bisa sam
    gimana help me sam ya

  7. @doel_paytren
    pengalaman saya sebagian driver dari windows 7 dan 8 ada yang sama..

  8. jamaludin

    mas minta mentahan kasetnya dalam bentuk rar soalnya udah ngubek ngubek ga ketemu dan sering eror

  9. misbahul

    PC sony vaio VGN-CR510E Fn untuk Brightness tidak berfungsi tapi display brightness berfungsi setelah install windows 10 build 14352

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

