Jangan biasa meninggalkan sepeda motor saat servis di bengkel

Sepeda motor sebagai transportasi utama pastinya hampir dipakai selalu setiap hari, dengan begitu maka angka yang tertera di odometer akan terus bertambah dan secara tidak langsung memberikan isyarat kepada pengguna sepeda motor tersebut untuk mengingat kapan jadwal servis dan penggatian oli dilakukan.

Biasanya para pengguna sepeda motor selalu melakukan service sekaligus berbarengan dengan penggantian oli demi kesehatan mesin sepeda motor. Dan biasanya penggantian dilakukan setiap kali menempuh jarak 3000km-4000km ( berdasarkan dialog dengan pengguna motor anak kuliahan:mrgreen: ) dan percaya atau tidak sebenarnya penggantian oli ini memang sering ditelatkan sampai 5000km, ya salah satu alasannya hanya dipakai dari kos – kampus aja . Ya no problem lah, yang penting tetap ada perawatan .

* gambar ilustrasi

Tapi untuk saya tidak akan fokus berbicara mengenai penggantian oli, tapi pada servis.
Dari kebanyakan dialog yang saya lakukan dengan pengguna sepeda motor seperti bapak-bapak, ibuk-ibuk, cewek, dan lainnya yang kurang mengerti akan masalah sepeda motor biasanya meninggalkan dan mempercayakan sepeda motornya kepada bengkel umum, dan pergi . . ada yang menitip begitu saja terus pergi ke tempat lain seperti rumah makan, atau keperluan lainnya.

Nah kebetulan saya ada teman mantan mekanik di salah satu bengkel umum, berikut penuturannya tentang praktik tidak beres yang kebanyakan dilakukan oleh para mekanik bengkel umum :
” Jika sepeda motor ditinggal maka mekanik kadang enggan melakukan service sepeda motor, terutama yang lumayan susah membuka bodynya seperti ( yamaha jupiter mx ), kadang ada yang cuma melakukan ganti oli saja ‘tanpa servis’ tapi ketika pelanggan datang mengambil sepeda motor sang mekanik bilang sudah diganti oli dan servis. Alhasil kita membayar yang tidak seharusnya dibayar👿 ”

Yang saya baru tahu cuma itu saja. Dan mungkin ada yang lainnya lagi.

Disini saya akan berikan tips berdasarkan dialog dengan sang mantan mekanik tersebut supaya terhindar dari hal ini :
– Jangan tinggalkan sepeda motor ketika tiba giliran diservis oleh mekanik.
– Jika perlu lihatin terus, memang sih kebanyakan mekanik agak risih dan kurang senang kalau sedang kerja diperhatikan ( nerves mungkin:mrgreen: ). Tapi, minimal memastikanlah kalau apa yang kita request sebelum servis dilaksanakan dengan baik.
– Pelajari sedikit tentang kondisi sepeda motor sendiri.
– Servislah ditempat langganan yang mekaniknya kita kenal.

Mudah-mudahan kita para pengguna sepeda motor bisa lebih waspada lagi😀

* note : yang dibicarakan di sini untuk bengkel umum. Dan mohon ma’af jika ada pihak yang tersinggung, tapi di sini saya cuma menulis berdasarkan pengalaman dari teman-teman😀 , karena ada juga teman-teman yang kadang merasa kurang puas dengan pelayanan servis motornya di beberapa bengkel umum.
* note  : sebenarnya saya juga pernah merasa kurang puas dengan pelayanan servis di beberapa bengkel resmi, tapi karena sampai saat ini saya belum dapat narasumber, maka saya sengaja tidak tuliskan disini ( takutnya dikira mengarang bebas )

(Azul)

Categories: Sepeda Motor | 8 Komentar

Navigasi pos

8 thoughts on “Jangan biasa meninggalkan sepeda motor saat servis di bengkel

  1. Bagas Priyambudhi

    pertamax??

  2. premium…😀

    emang gitu masbro,, jangankan mekanik bengkel umum, oknum mekanik bengkel resmi juga ada yang suka menyelewengkan amanah,, 😉

    aniway salam kenal masbro,, sekalian ijin nitip kandang…:mrgreen:
    http://karawangtigerrider.wordpress.com/2012/02/27/iseng-pasang-mini-spido-digital/

  3. Yah memang sebaiknya ditungguin.
    Kalau gak, bisa-bisa spare part ori kita diganti sama barang bekas😦

    Semoga tidak ada bengkerl seperti itu.

  4. sparepart yang diganti itu saya juga ada pengalaman dari teman, hehe
    malahan ada yang sengaja tidak memasang baut body secara keseluruhan😀

  5. saiapa ya bro’ yang jadi nara sumbernya??? hhee😀.
    emang bener adanya seperti itu bro’ tapi ya nggak semuanya mekanik punya sifat yang merugikan seperti itu, hhee visit my bog bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: